My Amazing Video

My Amazing Quote

Ketika Anda berani mengambil risiko untuk berada dalam ketidaknyamanan, saat itulah Anda mulai BERTUMBUH...

Kemenangan Afsel Tak Mampu Ubah Klasemen

Publicado  Tuesday, June 22, 2010

GB
Tertinggal 1-0, Prancis kian terpuruk setelah Yoann Gourcuff dikartu merah karena pelanggaran keras terhadap MacBeth Sibaya. Prancis pun bermain dengan 10 orang. Reuters/Siphiwe Sibeko.

Prancis takluk 1-2 atas tuan rumah Afrika Selatan dalam laga terakhir Grup A. Namun malang dengan hasil ini dipastikan kedua tim gagal lolos ke babak 16 Besar.

Pertandingan antara Prancis melawan Afsel berlangsung pada Selasa (22/6/2010) malam WIB di Free State Stadium.

Sejak kick off, Afsel lantas tancap gas dan mendominasi jalannya pertandingan. Alhasil, skuad Alberto Parreira ini berhasil unggul lebih dahulu lewat Bongani Khumalo di menit 20 lewat umpan corner Tsabalala dan Katlego Mphela 17 menit kemudian.

Prancis sejak menit 31 telah kehilangan Yoann Gourcuff yang diusir ke luar lapangan oleh wasit. Gourcuff diberi kartu merah karena dianggap telah menyikut seorang pemain lawan saat berebut bola.

Satu-satunya gol hiburan Prancis dicetak oleh Florent Malouda di menit 70. Meski demikian, hal ini tidak dapat menyelamatkan Prancis dari kekalahan sekaligus tersingkir dari Piala Dunia 2010 karena finis di urutan buncit klasemen dengan nilai satu tanpa satu kali pun kemenangan. Ini merupakan salah satu penampilan mereka yang terburuk setelah mereka gagal juga pada Piala Dunia 2002.

Nasib serupa juga dialami oleh Afsel yang juga gagal melangkah ke babak 16 Besar. Meskipun memenangi laga ini namun sang tuan rumah kini hanya finis di urutan ketiga dengan nilai empat, sama yang dimiliki Meksiko yang kalah 0-1 dari Uruguay saat bersamaan. Namun Meksiko yang menjadi pesaing terdekatnya berhasil unggul dalam jumlah selisih gol. Afsel pun gagal memperpanjang rekor tuan rumah piala dunia yang mampu selalu lolos dari fase grup dalam 10 tahun terakhir.


Jalannya Pertandingan

Baru dua menit laga berjalan, Prancis sudah mendapat peluang lewat Andre-Pierre Gignac. Dengan pergerakan yang menusuk ke kotak penalti, Gignac melepas tembakan tapi bola masih tepat dipelukan kiper Moeneeb Josephs.

Delapan menit berselang, giliran Djibril Cisse. Usai mengoptimalkan operan Alou Diarra, Cisse menanduk bola yang mengarah di tengah gawang. Josephs masih bisa mengantisipasi bola.

Namun, Afrika Selatan yang tertekan justru berhasil unggul lebih dahulu di menit 20. Berawal dari sepak pojok Siphiwe Tshabalala, Khumalo berhasil menanduk bola yang menjebol gawang yang dikawal Hugo Lloris. 1-0 Afsel memimpin.

Dalam kondisi ketinggalan, Prancis justru semakin terpuruk setelah Yoann Gourcoff diusir ke luar lapangan tujuh menit kemudian. Pemain Bordeaux ini diberi kartu merah karena menyikut Sibaya.

Ketika laga berjalan menuju 34 menit, pelanggaran yang dibuat Abou Diaby berbuah free kick untuk Afsel. Namun tendangan Tshabalala masih melambung jauh di atas mistar yang dijaga Lloris.

Kemalangan Prancis belum berhenti. Ketertinggalan skuad Raymond Domenech ini semakin jauh setelah Mphela menggandakan keunggulan Afsel di menit 37.

Tsepo Masilela mengirimkan umpan dari sisi kiri dan bola jatuh di kaki Mphela. Ia berhasil memenangi perebutan bola dengan Gael Clichy dan akhirnya menceploskan bola ke gawang Prancis. Skor 2-0 ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Afsel nyaris saja menambah pundi-pundi golnya pada menit ke-51. Menerima bola terobosan dari Tsabhalala di area tengah kotak, Mphela yang sudah di depan gawang melepas tendangan. Sial bagi dia, tembakannya itu mengarah ke kanan dan hanya mengenai tiang.

Tiga menit berselang, Cisse yang berada di kotak mencoba peruntungannya dengan melepas tendangan keras langsung ke arah gawang. Hasilnya, bola masih melambung tinggi.

Gempuran Afsel terus mengalir. Menit 57, Mphela yang melepas sebuah tendangan keras dari luar kotak penalti tapi Lloris masih bisa menepis si kulit bundar.

Serangan Afsel dibalas Prancis tak lama kemudian. Franck Ribery yang memasuki kotak terlarang berhasil melepas tendangan tetapi belum menemui target.

Mphela benar-benar bikin pertahanan Prancis kocar-kacir. Ia kembali melakukan pergerakan berbahaya di kotak terlarang namun bola tendangannya cuma berakhir di samping gawang.

Setelah sekian lama dibombardir, akhirnya gol Prancis bisa juga tercipta di menit 70. Bacary Sagna mengirim umpan yang diterima sempurna oleh Franck Ribery yang berada di kotak pinalti. Bola lantas dioperkan kepada Malouda yang berdiri bebas dan melesakkan gol.

Selanjutnya Prancis tampil lebih banyak menyerang. Tetapi beberapa serangan yang dilancarkan belum bisa menciptakan gol tambahan.

Memasuki injury time, Tshabalala nyaris membuat gol ketiga bagi Afsel. Ia yang menerima umpan di depan gawang lantas melepas tendangan namun masih bisa diblok Lloris dan bola berhasil diamankan.

0 comments: