My Amazing Video

My Amazing Quote

Ketika Anda berani mengambil risiko untuk berada dalam ketidaknyamanan, saat itulah Anda mulai BERTUMBUH...

Spanyol Coba Maksimalkan Peluang Terakhir

Publicado  Friday, June 25, 2010

Para pemain Spanyol berlatih keras menjelang pertandingan krusial menghadapi Cile di partai terakhir Grup H.

Dalam pertandingan terakhir Grup H, Spanyol akan melakukan apapun untuk meraih kemenangan.

Kemenangan tak hanya memperbesar peluang La Furia Roja ke puncak klasemen, namun juga menghindarkan mereka dari pertemuan dini dengan Brasil di 16 besar.

Setelah kalah mengejutkan dari Swiss 0-1 di laga perdana, Spanyol kemudian bangkit di pertandingan kedua dengan mengalahkan Honduras 2-0.

Kemenangan itu, tentu menambah percaya diri David Villa dkk dalam mengarungi laga-laga selanjutnya di Piala Dunia 2010. Apalagi, dengan status juara Eropa, tentunya Matador tak ingin pulang kampung terlalu pagi.

Tekanan besar tentu dirasakan tim besutan Vicente del Bosque ini. Gelandang Xavi Hernandez mengakui tekanan berat yang dirasakan para pemain Spanyol.

"Kami merasakan tekanan yang sangat besar, karena kami harus menang. Kami harus menguasai lapangan dan meningkatkan kepercayaan diri kami di lapangan," kata Xavi.

Meskipun sejarah mencatat Spanyol tidak pernah kalah dari Cile di turnamen apapun bukan berarti catatan itu menjadi jaminan amannya tiket 16 besar Spanyol.

Apalagi, Swiss yang tidak pernah menang dari Spanyol ternyata juga bisa mengalahkan mereka dengan disiplin dan determinasi tinggi di lapangan.

Kemenangan 2-0 atas Honduras belum membuat posisi Spanyol aman. Matador hanya unggul selisih satu gol dari Swiss. Sehingga kemenangan adalah harga mati untuk La Furia Roja.

"Kami harus mencetak angka penuh. Kami harus menyelamatkan situasi kami dan masuk ke babak knockout," kata pelatih Spanyol, Vicente del Bosque.

Villa dan Torres

David Villa kembali jadi andalan Spanyol di lini depan

Spanyol sebenarnya memiliki modal lebih dari cukup untuk mengalahkan Cile. Di semua lini Spanyol diperkuat para pemain berkualitas di atas rata-rata.

Biasanya Spanyol lebih menyukai pola 4-5-1 dengan mengandalkan Torres atau Villa sebagai ujung tombak tunggal. Namun, mulai pulihnya Torres memungkinkan Del Bosque untuk menyandingkan penyerang Liverpool itu dan David Villa demi mempertajam lini depan.

Jika kedua penyerang itu disandingkan, maka mereka akan ditopang Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Xabi Alonso dan Sergio Busquets. Keempat gelandang itu selain memiliki kemampuan mengendalikan irama permainan, mereka juga piawai mencetak gol dari lini kedua.

Sedangkan di lini belakang, nama-nama seperti Carles Puyol, Gerard Pique, Sergio Ramos, dan Joan Capdevilla memberi jaminan rapatnya lini belakang Matador.

Selain itu, Sergio Ramos dan Joan Capdevilla juga memiliki kemampuan menyerang dari sayap untuk memberikan umpan-umpan silang ke kotak penalti.

Di bawah gawang, pertahanan terakhir Spanyol masih dipercayakan kepada tangan Iker Casillas. Jika Casillas tidak tampil prima maka para deputinya Victor Valdes dan Pepe Reina memiliki kemampuan yang setara dan siap diturunkan.

Namun, Vicente del Bosque sadar kualitas tak menjamin kemenangan tanpa disiplin dan konsentrasi di lapangan selama 90 menit.

"Cile memiliki kemampuan melakukan serangan balik cepat. Cile bisa menghukum kami jika kami lengah. Mereka akan memperketat pertahanan dan membuat pertandingan ini menjadi sulit bagi kami," tutur Del Bosque.

Cile janjikan kemenangan

"Terkadang mencari hasil seri lebih sulit ketimbang mencoba memenangkan pertandingan"

Marcelo Bielsa

Sementara itu, Cile yang hanya butuh seri untuk memastikan satu tempat di babak 16 besar berjanji akan tampil menyerang. Pelatih Cile Marcelo Bielsa menjanjikan timnya tidak akan mengejar hasil imbang.

"Hasil imbang tidak cukup bagus. Terkadang mencari hasil seri lebih sulit ketimbang mencoba memenangi pertandingan," kata pelatih asal Argentina itu.

Namun, Cile menghadapi masalah dengan absennya beberapa pemain kunci. Dalam pertandingan nanti, Cile tidak akan diperkuat playmaker Matias Fernandez dan gelandang pekerja keras Carlos Carmona karena akumulasi kartu.

Bielsa nampaknya akan mempersiapkan Jorge Valdivia untuk menggantikan Matias Fernandez dan Rodrigo Millar menempati posisi yang ditinggalkan Carmona.

Optimisme juga muncul dari para pemain. Apalagi, kemenangan atas Honduras adalah kemenangan pertama Cile di Piala Dunia sejak tahun 1962 yang semakin menambah semangat para pemain.

Fakta ini membuat pemain tengah Jorge Valdivia sangat yakin Cile bisa mencetak sejarah lagi saat menghadapi Spanyol.

"Kami sedang mencetak sejarah dan dalam sepakbola apapun mungkin terjadi. Swiss sudah menunjukkannya dengan mengalahkan Spanyol. Kami akan bekerja keras untuk menyamai pencapaian Swiss," kata Valdivia.

Source

0 comments: